Home News Aksi Damai 4 November: Kronologi Kericuhan Usai Aksi Damai di Istana Negara

Aksi Damai 4 November: Kronologi Kericuhan Usai Aksi Damai di Istana Negara

486
0
SHARE

Aksi Damai 4 November: Kronologi Kericuhan Usai Aksi Damai di Istana Negara

Jakarta – Sejumlah massa terlibat kericuhan usai demo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (4/11/2016). Seperti apa kronologinya?

Sekitar pukul 18.30 WIB sejumlah perwakilan massa yang ditemui Wapres JK menyampaikan hasil pertemuan kepada para demonstran.

“Presiden Jokowi tetap belum mau menerima kita. Yang kedua bapak wapres menawarkan dan menjamin agar kita semua memberikan waktu kepada Kapolri selama dua minggu,” kata perwakilan massa melalui pengeras suara.

Rupanya sebagian massa tidak puas. Massa kemudian meneriakkan perang, jihad, revolusi sembari mengarah ke Jl Medan Merdeka Barat.

Massa FPI langsung membentengi antara massa HMI dengan aparat. Terjadilah pelemparan botol air mineral dan batu bata dari massa berbendera HMI ke arah FPI.

Massa FPI meminta tenang, tapi masih ada pelemparan botol air mineral.

“Hoi tenang kita bersaudara,” pekik sejumlah anggota FPI.

Sampai pukul 19.10 WIB, barikade FPI tetap berbaris di depan pagar Brimob mereka menyesalkan adanya aksi kisruh.

Akan tetapi hal ini dibantah oleh pihak HMI. Walaupun sempat terlihat peserta demo beratribut Himpunan Mahasiswa Islam di antara kericuhan tersebut.

Ketua Umum PB HMI, Mulyadi P Tamsir membantah anggotanya terlibat dalam kericuhan tersebut. Menurut dia menjelang berakhirnya unjuk rasa, posisi massa HMI berada di bagian paling depan.

Menurut Mulyadi massa HMI sudah ingin mundur, namun menunggu massa di bagian belakang membubarkan diri. “Posisi kami berada di bagian paling depan, di belakang kami ada massa. Kami maju nggak bisa, mundur nggak bisa. Saya bilang ke teman-teman untuk tenang dulu,” kata Mulyadi.

Mulyadi tak tahu dari mana datangnya tiba-tiba ada orang beratribut putih-putih terlibat ribut dengan polisi. “Saya juga bingung kenapa kemudian terjadi (ribut),” kata dia.

“Saya pastikan bukan massa HMI (yang terlibat ricuh),” tambah Mulyadi.

Sumber: detiknews

Kata terkait: ricuh usai aksi damai, aksi damai 4 nov, kronologi kericuhan pada aksi damai