Home News Organisasi Muslim Seleka Mengumumkan Berdirinya Negara Otonom yang Terpisah dari Afrika Tengah

Organisasi Muslim Seleka Mengumumkan Berdirinya Negara Otonom yang Terpisah dari Afrika Tengah

1033
1
SHARE

Seleka, organisasi politik dan militer Muslim di Afrika Tengah memproklamirkan pembentukan negara otonom dengan pemerintahan sementara pada hari Ahad silam (17/8) di bagian timur laut Afrika Tengah.

“Telah berdiri negara sekuler, bebas dan otonom, terletak di kawasan timur laut Afrika Tengah dan terpisah dari Republik Afrika Tengah,” ujar Jenderal Nuruddin Adam, Wakil Ketua Pertama Negara Seleka dalam pernyataannya di media.

Jenderal Adam menambahkan, negara baru tersebut, yang terletak di wilayah yang berjarak 800 km dari arah timur laut Bangui, ibu kota Republik Afrika Tengah, dipimpin oleh Michel Djotodia yang juga mantan Presiden Afrika Tengah (2013-2014).

Dia menegaskan bahwa dirinya akan menempati posisi sebagai menteri pertahanan dan keamanan dalam negeri bersama dengan dua belas menteri dan wakil menteri lainnya yang akan mengawali pemerintahan sementara tersebut.

Menurut Adam, langkah ini diambil terkait dengan genosida dan penghancuran terencana serta penyanderaan umat Muslim oleh milisi-milisi Salibis, di samping penghancuran masjid dan harta benda serta rumah. Juga pelanggaran milisi Anti-Balaka terhadap kehormatan kuburan-kuburan kaum Muslimin dan Al-Qur’an.

Ide pembagian wilayah antara selatan yang dikuasai kaum Nasrani dan utara yang dikuasai kaum Muslimin di Afrika Tengah muncul sejak krisis yang menimpa negara tersebut dalam satu tahun terakhir. Krisis yang menyebabkan migrasi besar-besaran ratusan ribu kaum Muslimin ke wilayah utara untuk menyelamatkan diri dari kesewenang-wenangan dan pelanggaran milisi Anti-Balaka. (mi/ab/ky)

  • Wahyudi Husain

    Apakah itu artinya ada negar adalam negara?